Senin, 25 Mei 2020

Tips Agar Desain Menarik

3 Tips Agar Desain Anda Menarik


Gradient

Kita mulai dengan Gradient, atau gradasi warna. Ya, agar warna background yang digunakan dalam desain anda tidak terlalu Flat, ada baiknya kita menambahkan Gradasi warna, namun saya sarankan untuk menggunakan warna yang tidak terlalu jauh. Gunakan warna yang dekat agar gradasi yang dihasilkanpun halus. Perhatikan contoh penggunaan gradasi berikut disertai dengan parameter Gradient Overlay pada photoshop.
Penggunaan Gradasi
Pemberian gradasi akan memberikan kesan yang berbeda dibandingkan dengan yang tanpa gradasi (Contoh Pertama), namun Gradasi yang menggunakan warna terlalu jauh juga akan mengurangi keindahan dari suatu objek. Tapi, kadangkalah penggunaan gradasi dengan warna yang terlalu jauh juga bisa menarik perhatian jika kita dapat memadupadankannya dengan objek lainnya.
Contoh Gradasi - Gambar oleh Zutto

#
Texture

Pemberian Texture pada desain pun akan memberikan karakteristik tertentu pada desain. Saya sering menggunakan texture Noise pada background, karena background akan terlihat lebih hidup dan tampak elegan. Jika anda perhatikan background di blog saya ini, anda akan melihat bercak-bercak halus.
Contoh Penggunaan Tekstur
Andapun dapat menggunakan tekstur-tekstur lain selain Noise, bisa Kertas, Kain, Kulit atau apa saja. Sedangkan untuk penggunaannya anda tinggal menempatkan tekstur tersebut di atas objek yang ingin anda beri tekstur, dan set Blending Mode menjadi Multiply dan turunkan nilai Opacitynya.
Blending Mode
Berikut contoh penggunaan texture, baik pada background, Typografi atau pada objek lainnya.
Contoh TeksturContoh Tekstur

#
Shadows

Pemakaian Shadow atau bayangan (baik itu Drop Shadow atau Inner shadow ) akan memberikan efek 3d pada suatu objek, selain dari itu objek akan terlihat menonjol. Namun terkadang banyak yang menggunakan Shadow ini secara berlebihan, sehingga merusak suatu desain. Ada baiknya bermain dengan sedikit shadow, shadow yang halus namun cukup mempertegas suatu objek.
Shadow
Jika diperhatikan dengan seksama, Drop shadow akan memberikan efek seolah-olah teks tersebut melayang sehingga menciptakan bayangan di bawahnya. Sedangkan Inner Shadow memberikan kesan teks seperti menjorok ke dalam (Letter Press).
Shadow

Tidak ada komentar:

Posting Komentar