Kamis, 28 Mei 2020

Mengapa Kita Harus Tetap Bersyukur

Rasa syukur adalah bentuk terima kasih atas segala yang kita dapatkan dalam hidup ini, baik yang berwujud maupun tidak. Dengan bersyukur, secara tidak langsung kita telah berterima kasih atas kebaikan dalam hidup. Jadi, kamu masih bertanya-tanya mengapa kita harus bersyukur?
Dalam penelitian psikologi positif, rasa syukurberkaitan erat dengan kebahagiaan. Artinya, semakin kita mensyukuri hidup ini, semakin kita akan merasa bahagia.

1. Mengapa harus bersyukur? Karena bersyukur membuat hidup semakin bahagia

Menuliskan apa yang kita syukuri dalam jurnal, dapat meningkatkan kebahagiaan jangka panjang kita hingga lebih dari 10% lho, Dear! Tahu kenapa?Karena, dengan memperhatikan apa yang sudah kita miliki, dapat membuat kita merasa lebih positif tentang kehidupan kita yang masuk akal. Kamu mungkin akan tetap iri karena orang lain memiliki apa yang tidak kamu miliki. Tapi, ada penelitian lain yang telah menunjukkan, bahwa rasa syukur bisa mengurangi rasa iri, memfasilitasi emosi positif, dan membuat kita lebih ulet. Lagi pula, jika kita bersyukur atas apa yang kita miliki, ruang apa yang ada untuk membuat kita iri?

2. Rasa syukur menuntunmu ke hubungan yang lebih bermakna

Mengatakan "terima kasih" bukan hanya perilaku yang baik, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu menghargai dan mensyukuri bantuan yang diberikan orang lain. Dan kamu tahu? Dengan melakukannya, kamu bisa menemukan teman baru lho, Dear! Dalam sebuah studi, mengucapkan terima kasih dengan kenalan baru memungkinkan seseorang untuk membawa hubungannya ke arah yang lebih lanjut.Contohnya, hari ini kamu bertemu dengan seorang klien dan kamu mengatakan terima kasih sudah mau memenuhi undanganmu untuk datang. Dan suatu saat, orang ini akan menggunakan jasamu. Mungkin saja, bukan? Jadi, sudahkah kamu berterima kasih kepada orang asing yang membantumu membukakan pintu untukmu? atau mengirimkan ucapan terima kasih kepada kolega yang telah membantumu?

3. Bersyukur membuatmu makin sehat, itu mengapa kita harus bersyukur

Tidak mengherankan, orang-orang yang bersyukur juga lebih cenderung menjaga kesehatan mereka.Mereka berolahraga lebih sering dan lebih rutin memeriksakan kesehatannya. Itu sebabnya kenapa mereka jadi lebih sehat, bahkan umurnya lebih panjang lho!

4. Percaya nggak kalau bersyukur bisa ningkatin self-esteem?

Peserta yang menyelesaikan program kontemplasi syukur selama 4 minggu dilaporkan memiliki kepuasan hidup dan self-esteem yang lebih tinggi lho, daripada yang tidak mengikutinya. Rasa syukur dapat membantumu merasa lebih baik tentang keadaanmu, yang dapat menyebabkan kamu merasa lebih baik tentang diri sendiri. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa rasa syukur mengurangi perbandingan sosial. Alih-alih membenci orang yang memiliki lebih banyak uang atau pekerjaan yang lebih baik — faktor utama dalam penurunan harga diri — orang yang bersyukur bisa menghargai prestasi orang lain.

5. Kamu juga bisa mendapatkan dukungan sosial yang lebih baik kalau pandai bersyukur

Tidak mengherankan, mengingat manfaat sosial lainnya dari rasa terima kasih, mereka yang lebih bersyukur memiliki akses ke lebih banyak dukungan sosial. Studi yang sama yang mengkonfirmasi temuan ini, dan melaporkan bahwa rasa syukur yang lebih tinggi juga mengarah pada tingkat stres dan depresi yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa rasa syukur membantumu mendapatkan dukungan sosial yang kamu butuhkan untuk melewati masa-masa sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar