Selasa, 19 Mei 2020

Amalan Pada Bulan Ramadhan

Berikut amalan-amalan yang dapat Anda lakukan selama bulan Ramadan ditengah pandemi virus Covid-19, di antaranya:



Sholat Tarawih



Sholat Tarawih merupakan sholat sunnah yang hanya dapat dilakukan selama bulan Ramadan. Apabila dilakukan, maka pahalanya akan dilipatgandakan tak kalah dengan ibadah puasa.



Meski kini sholat Tarawih di masjid ditiadakan, namun tak menghalangi Anda untuk dapat menjalankan sholat Tarawih ini di rumah.



Tadarus Al Quran



Membaca Quran tidak hanya dilakukan saat bulan Ramadan saja, namun saat Ramadan tiba sangat dianjurkan untuk memperbanyak membacanya.



Dengan berada di rumah, Anda dapat menambah waktu untuk membaca Al Quran hingga mengkhatamkannya.



Perbanyak Dzikir



Amalan selajutnya yang dapat Anda lakukan, yakni dengen memperbanyak dzikir di bulan Ramadan.



Baik dilakukan saat pagi, siang atau pun malam hari, dzikir tetap dapat diamalkan. Terutama lagi pada waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa seperti disepertiga malam, menjelang berbuka puasa, atau pun saat sahur.



Sholat malam



Sholat malam atau biasa disebut dengan sholat tahajud sangat besar pahalanya, terutama saat bulan Ramadan.



Aisyah Radhiyallahu`anhu berkata, ” Jangan tinggalkan sholat malam, karena sesungguhnya Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya. Apabila beliau sakit atau melemah maka beliau Sholat dengan duduk.” (HR. Abu Dawud & Ahmad).



Menghidupkan malam Lailatul Qadar



Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu malam, dan hanya terjadi di bulan Ramadan saja.



Pada malam tersebut, sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, memperbanyak doa dan dzikir serta memperbanyak taubat.



Bersedekah



Sedekah dianjurkan Rasulullah untuk menjadi amalan yang baik karena dapat meringankan beban orang lain dan juga menambahkan pahala Anda di bulan suci Ramadan.



Rasulullah SAW bersabda:



“Barangsiapa yang memberi makanan untuk berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan (pahala), seperti pahala orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.”



Jaga silaturahmi



Menjaga silaturahmi adalah salah satu faktor untuk memperpanjang rejeki Anda.



Nabi Muhammad pernah bersabda: ” Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” (Muttafaqun ‘alaihi).



Dengan melakukan silaturahmi ditengah-tengah pandemi Covid-19 tidak harus datang berkunjung. Namun hal ini bisa dilakukan melalui sambungan telepon atau pesan pribadi lainnya.



Membayar zakat


Salah satu amalan yang hanya ada pada bulan Ramadan adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah bukan hanya tentang memberikan sebagian harta.



Dengan menunaika zakat fitrah juga sebagai upaya untuk membersihkan diri. Begitu banyak keutamaan dan manfaat bagi orang-orang yang mengeluarkan zakat fitrah.

http://www.tintahijau.com/milenial/hijrah/20133-amalan-amalan-bulan-ramadhan-yang-bisa-dilakukan-dirumahaja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar